• Februari 9, 2024
nintendo

Sejarah Dan Perjalana Nintendo Dari Awal Sampai Sekarang

Nintendo adalah salah satu perusahaan permainan video yang paling terkenal dan berpengaruh di dunia. Berikut adalah ringkasan sejarah dan perjalanan Nintendo dari awal sampai sekarang:

1. Awal Mula (1889-1970):

  • Nintendo awalnya didirikan pada tahun 1889 di Kyoto, Jepang, oleh Fusajiro Yamauchi. Pada awalnya, perusahaan ini memproduksi dan menjual kartu permainan tradisional Jepang, yang dikenal sebagai “Hanafuda”.
  • Pada tahun 1963, Hiroshi Yamauchi, cucu Fusajiro Yamauchi, menjadi presiden Nintendo. Di bawah kepemimpinannya, Nintendo mulai berekspansi ke berbagai bisnis, termasuk mainan dan permainan elektronik.

2. Masuk ke Industri Permainan Video (1970-1980):

  • Pada tahun 1970-an, Nintendo mulai memproduksi permainan arcade dan konsol rumah pertamanya, yang dikenal sebagai “Color TV-Game”. Meskipun sukses di Jepang, produk-produk awal Nintendo belum mendapat pengakuan slot garansi kekalahan 100 bebas ip internasional yang besar.
  • Pada tahun 1981, Nintendo merilis permainan arcade pertamanya yang sangat sukses, yaitu “Donkey Kong”, yang menampilkan karakter ikonik Mario.
  • Pada tahun 1983, Nintendo meluncurkan konsol permainan rumahnya yang ikonik, yaitu Nintendo Entertainment System (NES), yang menjadi terkenal di seluruh dunia dan membawa Nintendo ke panggung global.

3. Era Game Boy dan Super Nintendo (1990-an):

  • Pada tahun 1989, Nintendo merilis Game Boy, konsol permainan genggam yang sangat sukses dan ikonik. Game Boy menjadi salah satu konsol terlaris sepanjang masa dan menghasilkan serangkaian permainan populer seperti “Tetris” dan “Pokémon”.
  • Pada tahun 1990, Nintendo meluncurkan konsol rumah Super Nintendo Entertainment System (SNES), yang juga sangat sukses dan menjadi dasar bagi banyak game klasik seperti “Super Mario World” dan “The Legend of Zelda: A Link to the Past”.

4. Era Nintendo 64 dan GameCube (1990-an dan awal 2000-an):

  • Pada tahun 1996, Nintendo merilis konsol Nintendo 64 (N64), yang membawa inovasi dalam grafis 3D dan pengontrol game baru yang disebut “Nintendo 64 Controller” atau “N64 Controller”.
  • Pada tahun 2001, Nintendo merilis konsol GameCube, yang menampilkan permainan seperti “Super Smash Bros. Melee” dan “The Legend of Zelda: The Wind Waker”.

5. Era Wii dan Nintendo DS (2006-2012):

  • Pada tahun 2006, Nintendo merilis konsol game Wii, yang mendapatkan popularitas besar karena inovasi pengontrol geraknya yang revolusioner, yang disebut “Wii Remote”. Wii juga populer karena berbagai permainan keluarga dan aksesibilitasnya.
  • Pada tahun 2004, Nintendo meluncurkan konsol permainan genggam Nintendo DS, yang menjadi konsol permainan genggam terlaris sepanjang masa dengan berbagai varian dan versi, termasuk Nintendo 3DS.

6. Era Switch dan Masa Kini (2017-sekarang):

  • Pada tahun 2017, Nintendo merilis konsol game hybrid revolusioner mereka, yaitu Nintendo Switch, yang dapat digunakan sebagai konsol rumah dan genggam. Switch menjadi sangat populer di seluruh dunia dan menjadi salah satu konsol terlaris dalam sejarah Nintendo.
  • Nintendo terus mengembangkan dan merilis berbagai game baru untuk Nintendo Switch, termasuk waralaba sukses seperti “The Legend of Zelda”, “Super Mario”, dan “Pokémon”.

Nintendo telah menjadi salah satu pemimpin dalam industri permainan video selama lebih dari satu abad, dengan kiprahnya yang terus berkembang dan inovatif. Dengan waralaba permainan video ikonik seperti Mario, Zelda, dan Pokémon, Nintendo terus mempengaruhi dunia permainan video dan budaya pop secara luas.